Informations, Tips and Sharing,...

Monday 4 May 2015

Cara Sehat Mengusir Nyamuk

Seringkali kita tidak dapat nyenyak tidur ataupun terasa gatal yang amat sangat karena gigitan nyamuk di dalam rumah kita. Apalagi ada berbagai jenis nyamuk yang dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Berikut ini ada cara alami untuk mengusir nyamuk tanpa bahan kimia berbahaya:


Kawasan Tidak Ada Nyamuk
Buah Jambu Biji Merah Ampuh untuk Mengusir Nyamuk
Caranya, beberapa buah jambu biji merah yang sudah masak diletakkan di dalam rumah dan aroma jambu biji yang menyengat akan mengusir nyamuk. Makin matang buah, aroma yang dikeluarkan makin menyengat. Mengusir nyamuk dengan aroma jambu biji cocok bagi yang alergi asap obat nyamuk bakar serta ramah lingkungan.


Buah Jambu Biji Merah
Menanam Tanaman Anti Nyamuk
Jenis tanaman yang dikenal dapat menolak nyamuk di kebun. Beberapa diantaranya adalah :


Lavender
Tanaman yang merupakan keluarga Lamiaceae ini berbentuk seperti semak atau pohon kecil. Daunnya bertulang sejajar, memiliki bunga kecil berwarna ungu kebiruan yang tumbuh di ujung cabang. Aroma bunga ini sangat harum mirip kamper, yang tidak disukai serangga. Lavender selain bisa digunakan langsung untuk pengusir nyamuk, bunganya juga menghasilkan minyak yang digunakan sebagai bahan penolak serangga (repellant dan antifeedant), bahkan termasuk bahan yang sering digunakan sebagai lotion anti nyamuk. Komposisi utama dalam minyak lavender adalah linalool asetat.


Bunga Lavender
Lavender yang bisa ditanam dalam pot ini bisa ditaruh dalam ruang tamu untuk menambah kenyamanan sekaligus untuk menghalau nyamuk dan serangga. Lavender dapat juga digunakan untuk aroma terapi dengan cara memasukkan 4-5 tetes minyak lavender ke dalam wadah berisi air panas. Biarkan menguap sehingga aromanya menyebar ke seluruh ruangan.


Lavender tumbuh baik di ketinggian 500-1300 m dpl. Semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyaknya. Tanaman ini dapat diperbanyak secara stek batang dan biji.


Tanaman ini aslinya dari Swiss, dan telah dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lotion anti nyamuk. Bunga Lavender yang berwarna ungu memiliki zat Linalool dan Lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk. Tanam Lavender dalam pot atau tanah, untuk merasakan manfaatnya ambil bunganya dan gosok-gosokkan ke kulit.


Zodia
Zodiac (Evodia Suaveolens). Tanaman ini asli dari Indonesia berasal dari Papua, dimana orang-orang Papua akan menggosok-gosokkan daun ini sebelum masuk hutan agar terlindung dari serangga terutama nyanuk. Zodia memiliki dua zat yang dapat membuat nyamuk kabur, yaitu Evodiamine dan Rutaecarpine. Untuk merasakan manfaatnya, Zodia bisa ditanam di ruang yang banyak tertiup angin agar aromanya tercium dan mengusir nyamuk.


Tanaman Zodia
Orang Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Kita ketahui, zodia ini tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.


Tanaman zodia termasuk family Rutaceae, mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Dan bila disuling mengeluarkan zat yang mengandung linalool dan apinene. Zat linalool inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Tanaman zodia juga cukup mudah diperbanyak, baik melalui stek ranting maupun bijinya. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. Hanya saja, fase pertumbuhan membutuhkan perhatian tersendiri. Bila langsung kena sinar matahari, bisa-bisa malah mati. Sebaliknya, bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.


Tanaman yang mempunyai tinggi antara 50 cm hingga 200 cm (rata-rata 75cm), dipercaya mampu mengusir nyamuk dan serangga lainnya dari sekitar tanaman. Oleh sebab itu tanaman ini sering ditanam di pekarangan ataupun di pot untuk menghalau nyamuk. Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman Zodia cukup wangi. Biasanya tanaman itu mengeluarkan aroma apabila tanaman tergoyah oleh tiupan angin sehingga di antara daunnya saling menggosok, maka keluarlah aroma yang wangi.


Dari beberapa literatur, tanaman ini juga bermanfaat sebagai anti-kanker. Menurut hasil analisa yang dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dengan gas kromatografi, minyak yang disuling dari daun tanaman ini mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%) di mana linalool sudah sangat dikenal sebagai pengusir (repellent) nyamuk.


Dari pengujian yang dilakukan penulis terhadap nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti) yang sering membuat heboh masyarakat, yaitu dengan cara menggosokkan daun zodia ke lengan, lalu lengannya dimasukkan ke kotak yang berisi nyamuk demam berdarah dan dibandingkan dengan lengan yang tanpa digosok dengan daun zodia, menunjukkan bahwa daun zodia mampu menghalau nyamuk selama enam jam dengan daya halau (daya proteksi) sebesar lebih dari 70%.


Selain itu, lengan yang digigit oleh nyamuk demam berdarah akan cepat sembuh (bentol dan gatal) apabila digosok dengan daun zodia. Hal ini merupakan harapan baru untuk menghalau serangan nyamuk demam berdarah di masa mendatang, yaitu dengan gerakan kembali ke alam dengan memanfaatkan tanaman di sekitar kita untuk memerangi penyakit demam berdarah.


Kemangi/Selasih (Ocimum spp)
Orang Eropa secara tradisional mengenal Selasih, O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn. O. sanctum). Nama Melayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasa Sanskerta. Warga Indocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih. Di Thailand dan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thai basil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemon basil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menu Vietnam, misalnya pada sup sapi phở. Dan di Indonesia dikenal sebagai kemangi. Selasih, Tlasih, Basil atau Basilukum (Ocimum) adalah segolongan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan daunnya, bunganya dan bijiannya sebagai rempah-rempah serta penyegar (Tonikum). Memiliki aroma bau yang khas. Kadang-kadang langu, harum atau manis, tergantung kultivarnya. Bahkan ada yang dapat membuat mabuk. Tanaman ini berguna untuk mengusir nyamuk.


Daun Kemangi
Tanaman perdu ini dari keluarga Labiatae. Tanaman ini sangat banyak variasinya dan sering berubah-ubah penampilan, khususnya warna daun jika ditanam di lingkungan yang berbeda-beda. Selasih tumbuh di daerah dengan ketinggian 1 – 1.100 mdpl. Tempat favoritnya adalah daerah yang teduh dan lembab. Perkembangbiakan selasih adalah dari bijinya. Daya adaptasi tanaman ini dengan lingkungan cukup baik, sehingga mudah tumbuh di hampir semua tempat.


Selasih mengandung eugenol, linalool dan geraniol yang dikenal sebagai zat penolak serangga, sehingga zat-zat tersebut juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Bau daun selasih tercium sangat tajam, bahkan jika tercium agak lama atau disimpan dalam ruangan, dapat mengakibatkan rasa mual dan pening. Komponen-komponen utama selasih yang bersifat volatil (menguap), menyebabkan nyamuk enggan mendekati tanaman ini. Biji selasih bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, membantu pencernaan, mengobati kram usus dan melancarkan buang air besar.


Citronella/Sereh (Cymbopogan Nardus)
Serai akrab dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, tapi ia memiliki zat Geraniol dan Sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Menanam serai cukup mudah, tinggal tempatkan di pekarangan rumah saja.


Tanaman Sereh
Serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.


Tanaman yang termasuk bangsa rumput rumputan ini tidak disukai nyamuk karena mengandung geraniol dan sitronelol. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion anti nyamuk dengan aromanya yang khas.


Tanaman serai wangi tumbuh berumpun dengan tinggi sekitar 50-100 cm. Daun tunggal berjumbai, panjang sampai 1 meter, lebar 1.5 cm, bagian bawahnya agak kasar, tulang daun sejajar. Batang tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek, dan berwarna putih. Akarnya serabut.


Cara memperbanyak dilakukan dengan pemisahan stek anakan. Stek diperoleh dengan cara memecah rumpun yang berukuran besar namun tidak beruas. Potong sebagian daun stek atau kurangi hingga 3-5 cm dari pelepah daun. Sebagian akar juga dikurangi dan ditinggalkan sekitar 2.5 cm di bawah leher akar. Setelah itu, ditanam di halaman rumah. Aromanya yang sangat wangi akan menyebabkan nyamuk menyingkir.


Akar Wangi
Akar wangi atau narwastu (serai wangi, rumput akar wangi, vetiver, Chrysopogon zizanioides syn. Vetiveria zizanioides, Andropogon zizanioides) adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi.


Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.


Tanaman Akar/Sereh Wangi
Nah sobat semilir, pilih mana, bebas nyamuk tapi terkontaminasi zat kimia, atau bebas nyamuk, udara harum mencium semerbak wangi bunga, mata enak melihat warna-warni bunga sekaligus nyamuk jauh.


Rosemary (Rosmarinus Officinalis)
Rosmarin (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, rosemary. Rosmarin biasa dipakai pada kuliner kawasan Laut Tengah, seperti masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia.


Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk karena mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam ke dalam pot atau tanah. Di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, ambil daunnya yang berbentuk jarum dan digosokkan ke kulit.


Tanaman Rosemery
Keunikan dari bunga ini adalah mempunyai harum seperti minyak talon, Mungkin di hirup oleh kita terasa enak namun tidak untuk nyamuk karena harumnya bunga ini bisa membuat nyamuk merasa stress dan enggan untuk mendekat. Tanaman ini bisa di tanam di dalam pot sehingga bisa memudahkan bagi yang memiliki halaman yang sempit.


Kecombrang
Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera eliator; sinonim Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini juga dapat mengusir nyamuk. Nama lainnya adalah kincung (Medan) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa, harga tanaman ini cuma 2500/satuannya.


Bunga Kecombrang
Kecombrang sering  dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal di Jawa Barat. Kecombrang yang dikukus juga kerap dijadikan bagian dari pecel di daerah Banyumas. Di Pekalongan, kecombrang yang diiris halus dijadikan campuran pembuatan megana, sejenis urap berbahan dasar nangka muda. Di Malaysia dan Singapura, kecombrang menjadi unsur penting dalam masakan laksa.


Geranium (Geranium homeanum)
Bunga Geranium merupakan tanaman perdu. Dikenal juga sebagai Cranesbill.Jenis tanaman ini mengandung aroma zat Citronella yang mudah merebak memenuhi udara sekitarnya bila tertiup angin, atau daunnya digoyang pakai tangan.


Bunga Geranium
Bunga jenis ini adalah bunga yang tidak di sukai nyamuk, serta zat dalam tanaman ini mudah terbang di udara memenuhi ruangan sekitarnya, sehingga membuat nyamuk pergi. Tanaman ini selain di tanam di tanah terbuka bisa juga tanam di pot.


Nama lainnya Tapak Dara. Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium dapat dengan mudah terbang memenuhi udara. Tanam saja Geranium ke dalam pot atau langsung di tanah. Tempatkan di tempat yang mudah terkena tiupan angin, saat daun-daun Geranium bergesakan, aroma zat yang ada di tanaman ini akan tercium, membuat nyamuk menjauh dari ruangan.


Nilam (Pogostemon cablin)
Nilam (Pogostemon cablin Benth.) atau orang Jawa menyebutnya Dilem adalah suatu semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan sama (minyak nilam). Dalam perdagangan internasional, minyak nilam dikenal sebagai minyak patchouli (dari bahasa Tamil patchai (hijau) dan ellai (daun), karena minyaknya disuling dari daun). Aroma minyak nilam dikenal 'berat' dan 'kuat' dan telah berabad-abad digunakan sebagai wangi-wangian (parfum) dan bahan dupa atau setanggi pada tradisi timur. Harga jual minyak nilam termasuk yang tertinggi apabila dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya.


Tanaman Nilam
Tumbuhan nilam berupa semak yang bisa mencapai satu meter. Tumbuhan ini menyukai suasana teduh, hangat, dan lembap. Mudah layu jika terkena sinar matahari langsung atau kekurangan air. Bunganya menyebarkan bau wangi yang kuat. Bijinya kecil. Perbanyakan biasanya dilakukan secara vegetatif.


Mimba (Azadirachta indica)
Mimba atau Daun Mimba atau Azadirachta indica A. Juss. adalah daun-daun yang tergolong dalam tanaman perdu/terna yang pertama kali ditemukan didaerah Hindustani, di Madhya Pradesh, India. Mimba datang atau tersebar ke Indonesia diperkirakan sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utama adalah di Pulau Jawa.


Tanaman Mimba
Tumbuh di daerah tropis, pada dataran rendah. Tanaman ini tumbuh di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Madura pada ketinggian sampai dengan 300 mdpl, tumbuh di tempat kering berkala, sering ditemukan di tepi jalan atau di hutan terang.


Tanaman mimba mempunyai beberapa kegunaan. Di India tanaman ini disebut “the village pharmacy”, dimana mimba digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit, antiinflamasi, demam, anti bakteri, antidiabees, penyakit kardiovaskular, dan insektisida (McCaleb, 1986). Daun mimba juga di gunakan sebagai repelan, obat penyakit kulit, hipertensi, diabetes, anthelmintika, ulkus peptik, dan antifungsi. Selain itu bersifat antibakteri dan antiviral.


Seduhan kulit batangnya digunakan sebagai obat malaria. Penggunaan kulit batangnya yang pahit dianjurkan sebagai tonikum. Kulit batang yang ditoreh pada waktu tertentu setiap tahun menghasilkan cairan dalam jumlah besar. Cairan ini diminum sebagai obat penyakit lambung di India. Daunnya yang sangat pahit, di Madura digunakan sebagai makanan ternak. Rebusannya di minum sebagai obat pembangkit selera dan obat malaria.


Tanaman mimba dapat dipergunakan sebagai insektisida nabati dengan menggunakan campuran bahan lain seperti: serai wangi, lengkuas, gadung, sabun dan alkohol. Bagian tanaman yang digunakan adalah biji dan daun.


Daun digunakan untuk penambah nafsu makan,untuk menanggulangi disentri, borok, malaria, anti bakteri. Minyak untuk mengatasi eksim, kepala yang kotor, kudis, cacing, menghambat perkembangan dan pertumbuhan kuman. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri lambung, penguat, penurun demam. Buah dan getah digunakan sebagai penguat.


Suren (Toona Sureni, Merr)
Tanaman dari keluarga Meliaceae ini termasuk tanaman tahunan yang berbentuk pohon. Tinggi tanaman bisa mencapai 20 m dan pertumbuhannya tergolong cepat. Suren tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 2.000 m dpl. Tanaman ini dapat diperbanyak secara generatif yaitu melalui biji. Daun dan kulit kayunya beraroma cukup tajam. Secara tradisional, petani menggunakan daun suren untuk menghalau hama serangga tanaman. Pohon suren berperan sebagai pengusir serangga (repellant) dan dapat digunakan dalam keadaan hidup (insektisida hidup).


Tanaman Suren
Berdasarkan penelitian, suren memiliki kandungan bahan surenon, surenin dan surenolakton yang berperan sebagai penghambat pertumbuhan, insektisida dan antifeedant (menghambat daya makan) terhadap larva serangga uji ulat sutera. Bahan-bahan tersebut juga terbukti merupakan repellant (pengusir atau penolak) serangga, termasuk nyamuk.


Cara penempatan tanaman ini bisa diletakkan di sudut-sudut ruangan dalam rumah, sebagai media untuk mengusir nyamuk. Jumlah tanaman dalam ruangan tergantung luas ruangan. Sementara, untuk penempatan diluar rumah/pekarangan sebaiknya diletakkan dekat pintu, jendela atau lubang udara lainnya, sehingga aroma tanaman terbawa angin masuk ke dalam ruangan.


Bagi manusia, tanaman hidup pengusir nyamuk dapat memberikan nilai positif. Manfaat ganda tanaman-tanaman ini, selain membuat rumah tampak sejuk dan indah, juga mampu mengusir serangga terutama nyamuk. Cara yang sederhana, mudah, murah dan ramah lingkungan. Berdasarkan penelitian, suren  memiliki kandungan bahan surenon, surenin dan surenolakton yang berperan sebagai penghambat pertumbuhan, insektisida dan menghambat daya makan larva serangga. Bahan-bahan tersebut juga terbukti merupakan pengusir serangga, termasuk nyamuk. Cara penempatan tanaman ini bisa diletakkan di sudut-sudut ruangan dalam rumah, sebagai media untuk mengusir nyamuk.


Marigold/Bunga Tahi Ayam, Kembang Semingkir
Tanaman ini berasal dari Negara Mexico dan Guatemala, Tanaman yang sangat cantik ini memiliki bau yang tidak enak, sehingga di daerah Jawa Barat sering di sebut Tanaman Tai Ayam, Ya meskipun agak sedikit berlebihan dengan nama Tai Ayam. tapi tanaman ini efektif untuk mengusir nyamuk.


Bunga Tahi Kotok
Ada dua jenis Marigold, yaitu Tagetes Erecta (African Marigold) dan Tagetes Patula (Dwarf French Marigold), di Indonesia dikenal dengan nama Bunga Tahi Ayam. Karena aroma baunya yang sungguh tidak sedap alias sengir. Biasanya tanaman ini ditanam sebagai penghias jalan-jalan taman.


Citrosa Mosquito Fighter (Pelargonium Citrosum)
Sesuai dengan namanya Citrosa Mosquito Tanaman ini mengeluarkan bau lemon yang menyengat sehingga bisa mengusir Nyamuk dan juga serangga. Tanaman ini berasal dari Belanda.


Tumbuhan Citrosa Mosquito Fighter
Mintrosa Lady Diana
Tumbuhan ini berasal dari Belanda, perawatannya sangat mudah dan biasa dijadikan tanaman penghias rumah. Tumbuhan ini mengeluarkan aroma bau yang sangat kuat dan tidak disukai nyamuk.


Tanaman Lady Diana
Lidah Buaya (Aloe Vera)
Lidah buaya menghasilkan gel yang diperoleh dari daging daunnya. Penggunaannya cukup dioleskan pada kulit, gel lidah buaya membuat kulit terasa dingin, melembabkan dan membantu mempercepat penyembuhan bila digunakan untuk mengatasi kulit yang telah digigit nyamuk.


Pohon Lidah buaya
Membunuh Jentik Nyamuk dengan Daun Tomat
Daun tomat ternyata mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai insektisida. Karena daun tomat mengandung alkaloida (senyawa yang bisa bersifat racun dan menggagalkan proses metamorfosis) dan saponin (senyawa aktif yang bersifat seperti sabun). Senyawa itulah yang mampu membunuh jentik nyamuk DBD.


Pohon Tomat dengan daun dan buah yang masih muda
Gunakan Kelambu Ketika Tidur
Pasang kelambu seperti ketika kita waktu bayi, ini efektif mencegah nyamuk masuk . Akan tetapi disesuaikan dengan luas ruangan anda. Jangan sampai malah menjadi kamar anda terkesan pengab dan sesak.


Pasang Kassa Nyamuk
Pasang beberapa kain kassa di beberapa lubang ventilasi rumah anda. Dengan cara ini sirkulasi udara dirumah anda tetap lancar dan nyamuk pun tidak bisa masuk.


Gunakan Minyak Lemon Eucalyptus
Hal ini mampu menangkal nyamuk selama 6 jam.


Jaga Kebersihan lingkungan rumah dari barang-barang yang tidak terpakai.

Share:

0 comments:

Post a Comment

setyamechy. Powered by Blogger.