Informations, Tips and Sharing,...

Friday 19 August 2016

Leonard Kleinrock

Siapakah Leonard Kleinrock?

Leonard Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 dan sekarang berumur 80 tahun. Dia lahir di New York City, New York. Sekarang dia tinggal di kota Los Angeles. Leonard Kleinrock sendiri adalah seorang yang berkebangsaan Amerika Serikat, dia ahli bahkan bisa juga dikatakan sangat ahli di bidang Teknik Ilmu komputer. Dia juga adalah seorang jenius yang lulus di Universitas California.

Setelah Leonard Kleinrock menyelesaikan masa-masa kuliahnya yang tentu sangat menyenangkan, dia (Leonard Kleinrock) melanjutkan utnuk masuk ke jajarang pengajar di Universitas California Los Angeles atau bisa disingkat dengan nama UCLA. Disanalah (Universitas California Los Angeles atau UCLA) lahir sebuah teknologi yang selalu kita pakai, yaitu itnernet. Di Universitas California Los Angeles atau UCLA tersebut juga adalah tempat dimana dia sangat menikmati apa yang dia kerjakan, dan juga ketertarikannya di sistem jaringan komputer punsemakin mantap.

Leonard Kleinrock dan Internet
Internet adalah sebuah faktor terpenting untuk membantu atau meringankan pekerjaan kita. Kita sebagai seorang murid atau pelajar juga bisa memanfaatkan internet ini sebagai sumber pengetahuan yang sangat luas. Namun sayang, ada kelemahan dari internet, yaitu banyaknya konten-konten negatif seperti pornografi, perjudian, dan konten-konten negatif lainnya yang dapat merusak moral bangsa. Namun jika dibandingkan, sisi positif lah yang paling banyak ditemukan di internet ini. Namun apakah kamu tau siapa penemu internet? Dia adalah Leonard Kleinrock, seorang insinyur dan juga seorang ilmuwan asal Amerika Serikat (AS) yang bisa juga dijuluki sebagai Bapak Internet.

(Internet look like, picture from www.despardes.com)

Leonard Kleinrock sudah memulai menemukan dan mengembangkan internet pada saat ia masih kuliah. Tepatnya saat ia sedang menjalani program masternya di Institut Teknologi Massachusetts. Ia menulisnya dalam sebuah makalah tentang ilmu jaringan komputer yang pada akhirnya makalah tersebut menjadi konsep dasar dari internet.

Dalam makalah tersebut ia memaparkan tentang kemungkinan adanya pertukaran paker data antara satu perangkat komputer ke komputer yang lain melalui sebuah jaringan besar yang bersifat global. Pada saat itu ia masih belum menemukan tekniknya, tapi saat ia masuk ke UCLA barulah ia berhasil menemukan teknik pemecahan paket data digital yang bisa dikirimkan lewat sebuah jaringan komputer.


Arpanet adalah  jaringan komputer yang dibuat oleh Advanced Research Project Agency (ARPA) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, yang difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya.

Pesan pertama Arpanet dikirim oleh UCLA, mahasiswa programer Charley Kline, pada tanggal 29 Oktober 1969. Ia dibimbing oleh Leonard Kleinrock melakukan transmisi pertama menggunakan teknologi jaringan yang diberi nama Internet.

Pada saat itu, mereka sedang melakukan sebuah transmisi dari UCLA ke Stanford Research Institute yang juga merupakan tempat pengembangan program Arpanet. Pada awalnya ia berencana untuk mengirim transmisi sebuah kata, yaitu "LOGIN", namun sambungan ini hilang tepat sebelum huruf "G", jadi hanya 2 huruf yang terkirim, yaitu "LO", yang muncul pada layar di Standord Research Institute, dengan jarak 314 mil.

Walau percobaan pertama tersebut masih gagal, tapi Leonard Kleinrock senang karena ia telah berhasil melakukan transmisi jarak jauh lewat jaringan komputer pertama kali di dunia. Semenjak setelah dilakukan percobaan pertama tersebut, pengembangan Arpanet semakin dioptimalkan bahkan mendapatkan tanggapan luar biasa dari pemerintah lewat sebuah program, yaitu National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Pada tahun 1988, Leonard Kleinrock menjadi ketua kelompok jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. 

Leonard Kleinrock berhasil mendapatkan beberapa penghargaan atas dedikasinya terhadap dunia internet. Pada tanggal 29 September 2008, ia menerima penghargaan Nasional of Sciense, sebuah kehormatan ilmiah bangsa dari Presiden George W.Bush di Gedung Putih dan juga mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science atas teori matematika jaringan data modern dan spesifikasi fungsional switching paket.

 
(Internet Browsers, picture from helpmerick.com)

Sekarang ini Teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

(Contoh Sosial Media, Gambar dari www.kompasiana.com)

Dia telah menerima banyak penghargaan. Kleinrock dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu Nasional of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring.



Source: Dari Berbagai Sumber
Share:

0 comments:

Post a Comment

setyamechy. Powered by Blogger.