Informations, Tips and Sharing,...

Sunday 5 January 2020

Warna Tanaman Herbal dan Kaitannya dengan Tubuh dan Pengobatan

WARNA DALAM PENGOBATAN

Anti Inflamation Herbs, Image Sourced from www.twitter.com


Pengobatan  para tabib nenek moyang sejak dahulu juga telah mengajarkan ilmu titen (dogma signature) pemilihan bahan-bahan  obat menggunakan tumbuhan obat dengan cara pengamatan menurut tingkat kemasakan atau fisiologi (daun, buah dan biji) dan warna. 

 Hijau     : hati + kandung empedu 
 Merah   : jantung + usus halus 
 Kuning  :  limpa + lambung
 Putih     :  paru + usus besar 
 Hitam   : ginjal + kandung kemih 

1. Patologi pengobatan ITM (Indonesian Traditional of Medicine)   berpendapat bahwa penyakit pertama muncul akibat problem pada sistem pencernaan. 

2. Tingkat pertumbuhan dan perkembangan bagian tumbuhan mulai masa muda (juvenil) ➡️ tumbuh sempurna fisiologis menunjukkan rute sistem organ dan mekanisme fisiologi pada tubuh manusia. 

Bagian tumbuhan warna hijau (muda-rasa sepat dan masam dengan kadar saponin + vitamin C tinggi) digunakan sebagai obat gangguan sistem pencernaan.

3. Buah atau daun pada puncak periode pertumbuhan atau kemasakan ditandai bercak warna hitam atau bekas trauma pada buah yang masak mengandung bahan aktif bersifat toxic yang diduga mempunyai aktivitas anti tumor dan kanker.

Bercak hitam atau bintik hitam kandungan TNF. Empiris mengarahkan Ilmiah. 

Sistem pertahanan pada tumbuhan menghasilkan produk senyawa metabolik sekunder berpotensi sebagai anti tumor dan kanker.

Buah yang masak nyaris busuk sebagai akibat proses fermentasi bakteri menyebabkan cidera jaringan pada bagian buah sehingga mengeluarkan produk senyawa metabolik sekunder untuk mempertahankan diri. Muncul bintik hitam TNF

Warna Kuning 
1. Limpa dan lambung
2. Penyakit dengan gejala Warna Kuning 

Gangguan limpa dan gangguan penyakit dengan gejala kuning bisa diberikan resep obat tradisional ramuan gunakan tanaman obat Warna Kuning. 

Contoh: 
Temulawak, Bangle, Akar Kuning, Kayu Kuning, dll


Source:
Kuliah Herbal
Share:

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

setyamechy. Powered by Blogger.